Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membaca Not Balok

Cara membaca not balok ( belajar membaca not balok ) di sini menggunakan gambar notasi dan audio / video untuk mendengar notasi tersebut sehingga mudah dimengerti.

Sebelum membaca postingan ini, bagi anda yang sama sekali belum tahu tentang not balok sebaiknya anda membaca dulu 3 tema berikut yaitu Tangga Nada (Kunci Melodi C), Nilai Not dan Tanda Diam dan Tempo Musik supaya lebih mudah mengerti bagian ini.

Contoh : Cara membaca not balok ketukan 4/4, tempo 60 (60 BPM) artinya 60 ketuk dalam 1 menit.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


contoh notasi untuk baca not balok


Pada bar ke-1 adalah notasi C, D, C, D dengan msing-masing bernilai 1/4 not, pada bar ke-2 ada notasi C, D, C,D dengan masing-masing bernilai 1/8 not dan berikutnya notasi C, D, C, D dengan masing-masing not bernilai 1/16 not.

Kita baca bar ke-1 dengan menggunakan kaki dan jam dinding sebagai alat bantu.


gambar injakan kaki 1/4


Perlu diingat, ini menggunakan tempo 60.

Injakkan kaki ke lantai lalu angkat ke atas. Injakan kaki pertama ke injakan kaki kedua durasinya 1 detik. Begitu juga pada injakan berikutnya berdurasi 1 detik. Injakan sesuaikan dengan perpindahan jarum panjang jam dinding.

Mulai :

Saat kaki menginjak lantai tekan not C lalu kaki angkat dan injak lagi lantai tekan not D. Jarak waktu antara injakan lantai pertama (not C) dan kedua (not D) harus berdurasi 1 detik.

Kesimpulannya, perpindahan not C ke D harus berdurasi 1 detik. Lalu not D ke C juga harus berdurasi 1 detik. Dengan kata lain bulatan warna hijau ke warna hijau durasinya 1 detik.


Selanjutnya Bar ke-2 dengan masing-masing not bernilai not 1/8. Pada nilai not 1/8 artinya not itu memiliki durasi 1/2 detik.

Perpindahan dari not C ke not D harus berdurasi 1/2 detik dan not D ke C juga harus 1/2 detik.


gambar injakan kaki 1/8


Caranya begini :

Saat kaki menginjak lantai, tekan not C, lalu angkat kaki ke atas, saat posisi kaki paling atas tekan not D. Lalu kaki ke bawah menginjak lantai lagi tekan not C lalu angkat lagi tekan D.

Perpindahan dari not C ke not D dan sebaliknya harus berdurasi 1/2 detik. Dengan kata lain jarak injakan kaki di lantai dengan kaki posisi paling atas harus bernilai 1/2 detik. Bulatan warna hijau sebagai patokan untuk membunyikan.

Untuk not C, D, C, D dengan nilai 1/16 not, prosesnya begini :


gambar injakan kaki 1/16


Ketika kaki menginjak lantai tekan not C lalu tekan not D saat kaki berada di tengah-tengah antara lantai dan posisi kaki paling atas. Lalu tekan not C saat kaki berada di posisi paling atas, lalu tekan D saat kaki berada di tengah-tengah antara kaki posisi paling atas dan lantai. Durasi antara not C ke D dan not D ke C harus 1/4 detik. Bulatan warna hijau sebagai patokan untuk membunyikan.

Jika semua notasi dipraktekkan maka hasilnya akan seperti video di bawah ini :



Sebenarnya alat untuk tempo bukan jam dinding tapi metronom. Jika anda ingin punya metronom digital gratisan, silakan download di PLAY STORE – gunakan ponsel android. Perlu anda tahu bahwa jam dinding tidak bisa digunakan untuk tempo yang lain, seperti tempo 72, 96 dan sebagainya. Dengan kata lain jam dinding hanya bisa digunakan untuk tempo 60 saja.

Untuk not 1/32 durasinya 1/8 detik dan not 1/64 durasinya 1/16 detik.

Banyak orang mengatakan "not balok itu sulit", kalau memang sulit kenapa banyak orang yang bisa not balok ?

Sesungguhnya yang dibutuhkan dalam belajar musik adalah kesabaran dan rajin berlatih. Pasalnya, belajar musik membutuhkan proses yang cukup lama. Jadi jika anda ingin bisa bermusik harus rajin berlatih. Jangan menyerah ketika anda tidak bisa, bertanyalah kepada orang yang bisa ketika anda tidak bisa. Tanpa kursus pun anda akan bisa bermain musik dengan benar, asalkan mau bertanya. Banyak blogger musik yang bisa teori dan juga praktek. Bertanyalah pada mereka - gratis.

Semoga postingan ini berguna.


Tag

cara membaca not balok nada c, belajar membaca not balok, membaca not pakai ketukan.