Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Added Tone Chords

Postingan ini membahas tentang added tone chords, dibahas dengan menggunakan contoh gambar alat musik, sehingga mudah dimengerti.

Added tone chords adalah akor yang dibentuk dari triad chords, tepatnya akor major. Kemudian ditambah not pembentuk.

Yang termasuk added tone chords ( dalam nada dasar C ) adalah,

C2 atau Cadd9, notasinya C, E, G, D

C4 atau Cadd11, notasinya C, E, G, F

C6, notasinya C, E, G,A

C6/9, notasinya C, E, G, A, D

C7/6, notasinya C, E, G, B, A

Mixed-third adalah ( tidak ada penulisan ) notasinya C, E, Eb, G

Paling menarik adalah akor Cmixed-third, tidak ada penulisan untuk akor ini. Namun jika kita mau memberikan penulisan seperti akor pada umumnya, maka yang mendekati penyebutannya adalah Cadd b3. Artinya akor C tambah b3 yaitu minor ( Eb ).

Akor added ini tampaknya tidak begitu penting bagi yang baru belajar chords, tapi bagi orang yang sudah lumayan dalam hal akor, added chords ini menjadi penting. Pasalnya ketika kita mencari akor pada sebuah lagu kadang kita butuh 1 not untuk melengkapi chord yang dipilih. Memilih added chords ini menjadi cocok untuk chord seperti itu. Tak beda jauh dengan menggunakan chords suspended ( akor sus ), seperti tidak penting tapi penting.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar added tone chords pada gitar


Pada dasarnya semua akor itu penting, karenanya semakin kita banyak mengenal akor maka kita akan semakin mudah memberi chords pada sebuah lagu. Bukan itu saja tapi akor juga bisa dipakai sebagai variasi dalam sebuah aransemen musik.

Jika anda ingin lebih mengerti banyak chords / akor, silakan buka postingan di bawah ini,

Triads Chords

Seventh Chords

Altered Chords

Extended Chords

Suspended Chords

Jika ada hal yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak yang terletak di bagian kiri agak bawah. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepatnya.

Semoga postingan ini berguna.