Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Drum Musik Country

Ketukan drum musik country ( beat drum country ) dibahas kali ini, disertai contoh notasi drum. Selain itu ada video / audio untuk mendengar ketukan drum country tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Sebelum membahas beat drum musik country, saya akan bahas sekilas sejarah musik ini.

Musik country dibawa oleh imigran yang tiba di Amerika Utara dan menetap di Amerika Selatan. Mereka itu berasal dari luar amerika tepatnya dari Irlandia, Jerman, Spanyol, Itali, dan Afrika. Diantara mereka (para musisi ) membawa alat musik, lalu mereka bergabung dan menghasilkan musik khas Amerika Utara yang disebut Musik Rakyat Amerika Utara. Musik ini hanya menggunakan alat musik biola, gitar dan banjo. Ini adalah bentuk awal musik country.

Musik Country berakar dari lagu rakyat, gospel dan musik Inggris-Kelt. Berkembang sejak tahun 1920-an. Istilah musik country mulai dipakai sekitar tahun 1940-an untuk menggantikan istilah musik hillbilly. Alat musik yang digunakan dalam musik ini adalah gitar, harmonica, dobro, gitar bas, fiddle (biola), drum, mandolin, dan banjo.

Baiklah sekarang lihat beberapa contoh notasi drum musik country di bawah in.


gambar beat drum country pada not balok


Jika diurutkan dari atas ke bawah, notasi itu menggunakan closed hi-hat, snare drum dan bas drum.

Gambar di atas merupakan contoh drum country standar. Jika anda bermain drum dan lagu yang dimainkan adalah lagu country, maka anda bisa memilih salah satu contoh drum di atas. Jangan lupa pilih beat yang cocok dengan lagu yang akan dimainkan.

Cara membaca not balok drum sama dengan not balok piano atau alat musik lain, perbedaannya hanya pada posisi dan bentuk notasinya.

Supaya anda lebih mengerti tentang notasi di atas, silakan putar video di bawah ini.



Pada video di atas ada tempo musik, namun anda tidak harus mengikuti tempo tersebut. Maksudnya jika anda akan memainkan beat drum di atas, sesuaikan tempo dan beat dengan lagu/musik yang akan dimainkan.

Drum musik country tergolong tidak sulit sebab variasinya tidak rumit dan biasanya tempo musik country agak cepat.

Semoga postingan ini bermanfaat.