Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Drum Musik Disco

Ketukan drum musik disco ( beat drum disco ) dibahas kali ini, disertai contoh notasi drum. Selain itu ada video / audio untuk mendengar ketukan drum disco tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Sebelum membahas itu, saya akan ceritakan sedikit tentang musik tersebut.

Musik Disco adalah musik untuk dansa yang berkembang pada tahun 1970-an di Amerika Serikat. Musik ini awalnya digemari oleh kaum minoritas – kaum the black, namun makin lama musik ini menjamur ke pelosok dunia. Bahkan para anak muda Indonesia pun ketularan dansa saat itu, maksudnya anak muda yang “gaul”.

Musik disco umumnya diputar di diskotek-diskotek atau di klub-klub dansa. Namun selanjutnya diputar di radio-radio. Akhirnya musik disco terjual laris. Sejak saat itu muncullah lagu-lagu disco yang komersial.

Musik disco bersumber dari musik Funk, Soul, Latin, Pop Rock, dan lainnya. Musik ini biasanya menggunakan alat musik drum, gitar elektrik (melodi, ritem, bas), keyboards, alat tiup dan perkusi.

Sekarang musik disco sudah jarang kita dengar, tapi ada “cucunya” dari musik disco, yakni musik EDM ( Electronic Dance Music ) – ini menurut saya. Boleh dibilang EDM ini sudah cukup lama tapi sampai sekarang EDM masih dominan di blantika musik Amerika Serikat, bahkan lagu-lagunya mendominasi tangga lagu di Billboards.

Baiklah kita lihat contoh beat drum musik disco di bawah ini.


gambar beat drum disco pada not balok


Dari 4 contoh di atas ada kesamaan, yaitu bas drumnya. Setiap bar memiliki 4 buah not yang masing-masing bernilai 1/4 dan bas drum 4 ketuk pada setiap birama menjadi ciri khas dari musik disco.

Supaya lebih jelas tentang notasi di atas, silakan putar video di bawah ini.



Pada video di atas ada tempo musiknya, namun jika anda akan bermain notasi di atas, sesuaikan tempo dan beat dengan lagu / musik yang akan dimainkan.

Drum musik disco tidak memiliki banyak variasi, hampir setiap mendengar musik disco - beat drumnya tidak berbeda jauh.

Semoga postingan ini berguna.