Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Drum Musik Hard Rock

Ketukan drum musik hard rock dibahas kali ini, disertai contoh notasi drum hard rock. Selain itu ada video / audio untuk mendengar notasi beat drum hard rock tersebut, sehingga mudah dipahami.

Sebelumnya saya akan bahas sedikit tentang musik ini.

Hard rock adalah bagian dari musik rock yang bersumber dari musik Blues Rock, Psychedelic Rock, Garage Rock dan Rock and Roll, muncul pada pertengahan tahun 1960-an di United Kingdom dan Amerika serikat.

Musik ini terkenal setelah muncul band-band seperti Led Zeppelin, Deep Purple dan lainnya. Boleh dibilang, merekalah yang mempopulerkan hard rock.

Alat musik yang digunakan genre ini biasanya drum, gitar elektrik (bas, ritem, melodi), dan keyboard. Salah satu ciri khas musik ini adalah gitar elektrik melodi dan ritem menggunakan sound effect dan suara vokalis lebih keras.

Mari kita lihat beberapa contoh beat drumnya.


gambar beat drum hard rock pada not balok


Musik hard rock memiliki tempo yang cepat, contohnya lagu band Deep Purple ”smoke on the water,” yang lebih cepat dari lagu itu “highway star.” Pada jamannya kedua lagu tersebut sangat terkenal di kalangan pencinta hard rock

Baiklah sekarang dengar notasi di atas, silakan klik video di bawah ini.



Pada video di atas diberi Tempo 140, tapi tidak harus 140 temponya. Maksudnya sesuaikan tempo beat drum di atas dengan musik yang akan dimainkan. Jadi anda bisa saja menggunakan contoh beat di atas dengan tempo yang berbeda.

Drum musik hard rock sebenarnya banyak, contoh di atas hanya beberapa beat drum yang standar.

Semoga postingan ini bermanfaat.