Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membaca Not Angka 1 dan 2 Ketuk

Membaca not angka 1 ketuk dan 2 ketuk yang dibahas saat ini. Pembahasan menggunakan gambar dan audio / video sehingga lebih mudah dimengerti.

Bagi anda yang baru belajar notasi angka dan sama sekali belum tahu not angka sebaiknya membaca dulu postingan yang berjudul Mengenal Not Angka, Cara Membaca Not Angka dan Tempo. Setelah membaca 3 postingan itu, paling tidak anda akan mengerti, bahkan mungkin anda bisa langsung membaca.

Di bawah ini notasi dengan nilai 2 ketuk, tanda sukat 4/4 dan tempo 60 bpm ( beat per minute ).


gambar nilai 2 ketuk pada not angka


Karena notasi di atas temponya 60 ( 60 ketuk per menit ) maka setiap ketuk bernilai 1 detik. Sementara tanda titik di depan not menunjukan panjangnya not. Jadi setiap not di atas bernilai 2 detik. Dengan kata lain setiap 2 detik pindah not. Jika anda betul dalam membaca not di atas, maka hasilnya akan sama dengan video di bagian bawah.

Berikutnya notasi dengan nilai 1 ketuk, tempo 60 dan tanda sukat 4/4, lihat di bawah ini.


gamabr nilai 1 ketuk pada not angka


Cara membaca notasi di atas, setiap detik pindah not. Tanda 0 adalah tanda berhenti / istirahat berdurasi 1 detik. Jika anda betul membacanya maka hasilnya akan sama dengan video di bagian bawah.

Setelah anda bisa memainkan notasi di atas (notasi 1 ketuk ) coba ganti temponya menjadi 80. Gunakan metronom, Jika belum punya, silakan download di Play Strore (Android) – Gratis.

Jika anda benar memainkannya, maka akan sama dengan video di bawah ini.




Dalam video di atas ada 3 bagian :

Bagian ke-1 notasi angka yang 2 ketuk tempo 60

Bagian ke-2 notasi angka yang 1 ketuk tempo 60

Bagian ke-3 notasi dengan tempo 80

catatan : nada dasar C.

Postingan ini saya tujukan bagi orang yang baru belajar notasi angka. Jika ada hal yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepat mungkin.

Semoga postingan ini bermanfaat.