Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tangga Nada A ( Kunci Melodi A )

Tangga nada A not balok atau kunci melodi A not balok yang dibahas saat ini ( scale nada A major ). Pembahasan menggunakan gambar sehingga lebih mudah dimengerti.

Kunci melodi A ditandai dengan 3 tanda # ( kres ) dalam garis paranada. Jika anda ingin tahu kenapa ada 3 tanda #, silakan anda membaca postingan yang berjudul Menghitung Tanda Kres.

Baiklah sekarang lihat gambar kunci melodi A di bawah ini.


gambar not balok tangga nada A


Jika anda praktekkan notasi di atas, maka akan terdengar nada do, re, mi, fa, sol, la, si, do ( dari A sampai A ). Namun jika tanda kres dihilangkan maka tidak akan terdengar do, re, mi, fa, sol, la, si, do, karena ada beberapa not yang tidak tepat, yaitu not F,C, dan G.
Untuk lebih jelasnya, perhatikan tanda kres  dengan seksama, tanda kres itu menempati posisi not F, C, dan G.  Itu sebabnya kalau not F, C dan G tidak diberi tanda kres maka akan menjadi sumbang suaranya, tidak membentuk do, re, mi, fa, sol, la, si, do atau solmisasi. 

Tangga nada A / kunci melodi A pada alat musik piano  seperti di bawah ini posisinya.






Dalam alat musik gitar seperti ini




Agar anda lebih mengerti posisi kunci melodi A pada gitar, saya sarankan anda membaca postingan yang berjudul Kunci Melodi G, untuk menjadi referensi saja. Di sana diuraikan sedikit tentang kenapa ada tanda kres.

Tangga nada ini di antaranya bisa digunakan untuk belajar melodi lagu dan melodi improvisasi. Oleh sebab itu mengerti tangga nada menjadi hal penting bagi seorang pemusik.

Postingan ini saya tujukan terutama bagi yang baru belajar not balok tangga nada A. Jika ada hal yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak.
Semoga postingan ini bermanfaat.


updated Juli 2020