Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nada A Baca Not Balok 1/2 dan 1/4

Cara membaca notasi balok nada dasar A - not i 1/2 dan 1/4 yang akan dibahas saat ini. Pembahasan menggunakan gambar dan audio/video sehingga lebih mudah dimengerti.

Di bawah ini adalah notasi 1/4 dan 1/2, birama 4/4, tempo 60.


gambar notasi 1/2 dan 1/4 nada a pada not balok


Sebelum membaca not balok harus tahu tempo. Notasi di atas bertempo 60 bpm (beat per minute) , artinya dalam 1 menit ada 60 beat (ketukan). Kemudian tahu tanda sukat, untuk notasi di atas tanda sukatnya 4/4, artinya dalam 1 bar (birama) ada 4 ketuk.

Agar tidak salah dalam membaca notasi di atas, sebaiknya anda menggunakan metronom. Jika anda tidak punya metronom, anda bisa men-download di PLAY STORE, gunakan ponsel yang bersistem android. Selain menggunakan metronom, untuk tempo 60 ini bisa menggunakan jarum panjang jam dinding.

Bagi anda yang memakai metronom, silakan atur metronom anda dengan tempo 60 dan beat 4/4. Setelah itu anda baca notasi di atas.

Bagi anda yang menggunakan jarum panjang jam dinding sebagai alat bantu, sebaiknya menggunakan kaki sebagai alat bantu. Agar anda bisa membaca notasi tanpa harus melihat jam dinding.

Pada bar ke-1 ada not bernilai 1/4 sebanyak 2 buah dan not bernilai 1/2 ada 1 buah.

Untuk not 1/4 durasinya 1 detik karena tempo lagu itu 60 bpm. Jadi cara memainkannya bunyikan not itu setelah 1 detik kemudian pindah ke not lain.

Untuk not 1/2 durasinya 2 detik. Cara memainkannnya bunyikan not itu setelah 2 detik baru pindah ke not lain.

Anda bisa menggunakan kaki sebagai alat untuk mengikuti alunan tempo dari metronom atau jam dinding. Caranya injakkan kaki ke lantai kemudian angkat lalu injak lagi ke lantai dengan jarak injakan ke injakan adalah 1 detik. Contohnya jarak injakan pertama sampai injakan kedua berdurasi 1 detik.

Tanda diam / istirahat posisinya di tengah bernilai 1 ketuk.

Tanda diam / istirahat posisinya di akhir bernilai 1 ketuk dan 2 ketuk.

Setelah anda bisa memainkan notasi di atas, coba samakan dengan video di bawah ini.



Jika sudah sama dengan video di atas, artinya anda sudah betul.

Postingan ini saya tujukan terutama bagi yang baru / pemula belajar not balok. Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak.

Semoga postingan ini bermanfaat.