Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membaca Lagu Ibu Pertiwi Nada A

Latihan not balok nada A lagu Ibu Pertiwi. Latihan ini menggunakan notasi balok dan audio/video sehingga lebih mudah dipelajari.

Di bawah ini lagu Ibu Pertiwi hanya 1 verse ( 1 bait ).

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar notasi ibu pertiwi pada not balok


Lagu di atas belum ada temponya, tapi saya pernah dengar 2 lagu itu di youtube dalam lirik aslinya, tempo yang mereka mainkan adalah sekitar 90 dan 94. Coba anda mainkan lagu tersebut dengan menggunakan metronom, tempo 90, beat 4/4. Bagi anda yang belum punya metronom, silakan download di PLAY STORE – gratis, gunakan ponsel android.

Bagi anda yang baru membaca blog ini dan belum bisa membaca notasi, silakan membuka judul-judul di bawah ini, supaya anda tahu cara membaca notasi di atas.

Cara Membaca Not Balok

Tempo

Nilai Not dan Tanda Diam

Tangga Nada A / Kunci Melodi A

Setelah anda mainkan notasi di atas, silakan bandingkan dengan video yang ada di bawah. Jika sama, artinya anda sudah betul membacanya.

Jika ingin ada pengiringnya, silakan anda mainkan notasi itu gunakan video bagian ke-2. Pada bar pertama akan terdengar suara snare drum 4 ketuk, setelah itu masuk lagu.

Dalam video ada 3 bagian :

Bagian ke-1 adalah melodi saja

Bagian ke-2 adalah musik pengiring saja

Bagian ke-3 adalah melodi dan musik pengiring



Postingan ini saya tujukan terutama bagi anda yang baru / pemula dalam belajar notasi balok. Jika ada hal yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar.

Semoga postingan ini bermanfaat.