Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ritem Musik Bossa Nova

Ritem musik bossa nova yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar dan audio sehingga lebih mudah untuk di mengerti.

Sebelumnya, saya akan bahas sedikit tentang kata bossa nova. Menurut yang saya baca bahwa bossa nova adalah 2 kata yang berasal dari bahasa Portugis, bossa dan nova, artinya trend baru. Jadi penulisan kata bossa nova harusnya dipisah tapi di Indonesia seringkali disatukan.

Baiklah sekarang saya akan bahas ritem bossa nova. Didalam ritem bossa nova ada yang konstan ( tetap ) dan ada yang tidak konstan ( berubah-ubah ). Yang akan saya bahas adalah yang konstan, supaya mudah dalam memainkannya dan mudah dalam penulisannya.

Di bawah ini beberapa contoh ritem bossa nova yang cukup terkenal dan dasar.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar notasi ritem bossa nova pada not balok


Perhatikan variasi 1, 2 dan 3, ketiganya cocok untuk alat musik keyboard.

Sementara untuk variasi 4, 5 dan 6 bisa digunakan untuk alat musik gitar.

Cara memainkan variasi 4 adalah menggunakan jari manis untuk senar 1, jari tengah untuk senar 2 dan jari telunjuk untuk senar 3. Bunyikan ketiga senar itu dengan cara bersamaan. Not yang tunggal itu untuk basnya.

Berikutnya variasi 5, untuk variasi 5 cara memainkannya sama dengan variasi 4 yaitu menggunakan tiga jari secara bersamaan, basnya ada di bawahnya, yang notnya bernilai 1/2 atau 2 ketuk. Variasi 5 itu boleh dibilang variasi yang sering dipakai pada waktu lalu.

Berikutnya variasi 6, untuk variasi 6 ini cara memainkannya persis sama dengan variasi 5. Bedanya variasi 6 ini agak sulit sedikit. Tapi bagi anda yang biasa main ritem dengan tiga jari bersamaan tentu saja bukan hal yang sulit.

Selanjutnya silakan dengar video (suara ritem di atas) di bawah ini,



Saya menggunakan tempo 140 untuk ritem di atas. Bila anda akan menggunakan ritem di atas, sesuaikan ritem dan temponya dengan lagu yang akan dimainkan.

Sebenarnya ritem bossa nova itu cukup banyak, tapi saya hanya menampilkan beberapa saja. Perlu diketahui bahwa bossa nova adalah keluarga dari musik jazz. Biasanya bossa nova disebut jazz latin.

Penggunaan chord dalam musik bossa nova tidak sama dengan chord umum untuk alat musik gitar. Jika anda belum tahu, silakan buka youtube.

Bagi anda yang ingin belajar chord musik ini, silakan bertanya di kotak komentar. Saya akan jawab pertanyaan anda secepatnya.

Semoga postingan ini bermanfaat.



NB:

Baca juga Ritem Musik Reggae dan Ritem Musik Rock and Roll