Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membaca Tab Gitar

Cara Membaca tab gitar atau tabulasi gitar dibahas kali ini. Dilengkapi dengan notasi lagu dan video / audio, sehingga mudah dipelajari dan dimengerti.

Saya berusaha membahas tentang cara membaca tab gitar ini dengan cukup detail, semoga anda yang membaca postingan ini, sungguh-sungguh mengerti. Lebih dari itu, diharapkan anda dapat mempraktekkannya dengan alat musik. Oleh sebab itu silakan praktekkan tabulasi gitar di bawah ini. Jangan lupa stem alat musiknya ( stem standar ).

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar notasi lagu pada not balok dan tab gitar


Angka 1 sampai 17 warna merah menunjukkan bar. Di atas angka merah ada notasi balok, fungsinya untuk melihat nilai not dan tanda diam. Melihat nilai not pada not balok akan lebih mudah dibandingkan dengan tab gitar.

Pada awalnya notasi di atas tidak ada temponya, lalu saya beri tempo 60 agar mudah membacanya. Seandainya anda tidak punya metronom, anda bisa pakai jarum panjang jam dinding. Tempo 60 artinya 60 ketuk per menit. Jadi setiap ketuk berdurasi 1 detik. Tanda sukatnya atau biramanya 4/4, artinya dalam setiap bar ada 4 ketuk atau setiap bar berdurasi 4 detik.

Mulai membaca,

Pada bar ke-1 ada angka 0 pada senar ke-3 artinya bunyikan senar ke-3 dengan cara senar dilepas, nilai notnya adalah 1 ketuk ( durasi 1 detik ). Setelah itu baca bar ke-2.

Pada bar ke-2 ada angka 1 pada senar ke-2 artinya bunyikan senar fret ke-1 senar ke-2, nilai notnya berdurasi 1 ½ detik. Selanjutnya ada angka 0 pada senar ke-2, artinya bunyikan senar ke-2 dengan cara senar dilepas, nilai notnya berdurasi 1/2 detik. Selanjutnya ada angka 1 pada senar ke-2 artinya bunyikan senar fret kesatu senar ke-2, nilai notnya berdurasi 1 detik. Selanjutnya ada angka 0 pada senar ke-1 artinya bunyikan senar ke-1 dengan cara senar dilepas, nilai notnya berdurasi 1 detik.

Pada bar ke-3 ada angka 3 pada senar ke-2 artinya bunyikan senar fret ke-3 senar ke-2, nilai notnya berdurasi 1 ½ detik. Selanjutnya ada angka 1 pada senar ke-2 artinya bunyikan senar fret 1 senar ke-2, nilai notnya berdurasi 1/2 detik. Selanjutnya ada angka 3 pada senar ke-2 artinya bunyikan senar fret ke-3 senar ke-2, nilai notnya berdurasi 1 detik. Selanjutnya ada angka 0 pada senar ke-1 artinya bunyikan senar ke-1 dengan cara senar dilepas, nilai notnya berdurasi 1/2 detik. Selanjutnya ada angka 3 pada senar ke-2 artinya bunyikan senar fret ke-3 senar ke-2, nilai notnya 1/2 detik.

Pada bar ke-4 ada angka 1 pada senar ke-2 artinya bunyikan senar fret ke-1 senar ke-2, nilai notnya berdurasi 1 ½ detik. Selanjutnya ada angka 1 pada senar ke-2 artinya bunyikan senar fret 1 senar ke-2, nilai notnya berdurasi 1/2 detik. Selanjutnya ada angka 0 pada senar ke-1 artinya bunyikan senar ke-1 dengan cara senar dilepas, nilai notnya berdurasi 1 detik. Selanjutnya ada angka 3 pada senar ke-1 artinya bunyikan senar fret ke-3 senar ke-1, nilai notnya berdurasi 1 detik.

Jika anda sudah mengerti atau tahu cara membaca 4 bar di atas, maka bar-bar berikutnya anda pasti bisa. Silakan anda baca semua notasi di atas, jika anda sudah bisa, bandingkan dengan video di bawah ini. Jika melodinya sama artinya anda sudah bisa membaca tab gitar.



Tabulasi di atas merupakan tab yang mudah dan sederhana, untuk memperdalam tentang tab gitar, silakan anda baca postingan yang berjudul Simbol-Simbol Tab Gitar

Selain itu sebaiknya anda ( bagi pemula ) membaca postingan di bawah ini, silakan klik.

Tempo

Nilai Not dan Tanda Diam

Mengenal Tab Gitar

Cara Membuat Tab gitar


Semoga postingan ini bermanfaat.


Tag

membaca tab gitar, belajar tab gitar, tabulasi gitar.