Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indonesia Pusaka Nada Bb Latihan

Latihan membaca not balok nada dasar Bb menggunakan notasi lagu Indonesia Pusaka. Dilengkapi dengan video / audio sebagai penuntun dan pembanding untuk mengetahui betul atau tidak yang anda mainkan.

Lagu Indonesia Pusaka ini diciptakan oleh komposer besar Indonesia yakni Ismail Marzuki. Lagu ini terkenal di kalangan pelajar maupun  publik.
Saya tidak menemukan  notasi asli lagu ini. Oleh sebab itu saya tidak tahu tempo aslinya ( time signature). Jadi saya pilih sendiri temponya setelah saya melihat beberapa video  lagu tersebut di youtube. Baiklah kita lihat notasinya.

Klik gambarnya untuk memperbesar.

Lagu di atas saya beri tempo 60 supaya lebih mudah dibacanya. Tempo 60 ini tidak beda jauh  dengan beberapa video yang ada di youtube.  Akornya  saya bikin sendiri, tentunya akan berbeda dengan akor yang lain. Tapi ini tidak masalah karena akor sifatnya tidak mutlak.

Perhatikan notasi di atas, ada nilai not 1/2 artinya not itu berdurasi 2 detik karena temponya 60. Not 1/4 berdurasi 1 detik, dan not 1/8 berdurasi 1/2 detik. Selain itu ada not yang diberi tanda titik (.) di depannya,  artinya not itu ditambah 1/2 dari not bersangkutan.  Contohnya jika ada not 1/2 berdurasi 2 detik, lalu diberi tanda titik, maka not itu menjadi not 3/4  dan berdurasi 3 detik.
Bagi anda yang  belum tahu nilai notasi di atas, silakan membaca postingan yang berjudul Nilai Not dan Tanda Diam. Sebaiknya baca juga  postingan Kunci Melodi Bb dan Tempo.

Bagi anda yang sudah mengerti  silakan baca lagu tersebut di atas, gunakan metronome. Bagi anda yang belum punya metronom, silakan download di PLAY STORE – pakai ponsel android.  Atur metronom  ketukan  4/4 dan tempo 60. Setelah membaca silakan bandingkan dengan video di bawah ini. Jika melodi anda sama, artinya anda sudah betul membaca notasi di atas.




Jangan lupa, alat musiknya stem (setel) standard agar sama dengan video di atas.
Jika anda sudah merasa bisa, coba anda mainkan dengan mengikuti video di bawah ini. Pada bar ke-1 ada suara piano 3 ketuk sebagai tanda untuk masuk, setelah itu mainkan melodinya.



Jika anda benar memainkannya maka  akan enak didengar. Jika salah membaca notasi mungkin akan fals atau balapan antara musik dan melodi.
Dengar video di bawah ini untuk memastikan anda sudah benar atau belum.



Semoga anda mengerti.