Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal TAB Gitar / Tabulasi Gitar

Postingan ini membahas tentang tab gitar ( tabulasi gitar ). Bagi yang belajar tab gitar sebaiknya belajar mulai dari dasar. Di sini dilengkapi gambar notasi dan alat musik gitar, sehingga mudah dimengerti.

Tablature ( tabulasi ) atau lebih dikenal dengan TAB adalah salah satu cara penulisan notasi musik. Pertama kali digunakan pada abad pertengahan untuk alat musik organ, berikutnya TAB digunakan untuk alat musik kecapi, gitar, drum dan lain-lain.

Sekarang ini banyak orang yang menggunakan TAB untuk alat musik gitar. Menurut mereka (tidak semua) bahwa TAB lebih mudah dimengerti daripada notasi balok. Alasannya karena notasi TAB menggunakan fret-fret gitar (ruas-ruas gitar) sebagai tempat notasi, sehingga not-not yang harus dimainkan mudah diketahui.

Baiklah kita lihat garis paranada TAB dan notasinya pada gitar.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar blanko paranada tab dan posisi not pada gitar


Umumnya senar ke-1 dan ke-2 untuk melodi, senar ke-3 sampai ke-6 untuk bas.

Seluruh fret 1 ditempati oleh angka 1, dan seterusnya (lihat gambar). Saya hanya menuliskan sampai angka 9, harusnya terus sampai ke ujung. Perlu anda tahu jika ada angka 0 artinya senar dilepas.

Sekarang kita lihat contoh not balok diterjemahkan ke dalam TAB.


gambar notasi balok dan tab gitar


Notasi di atas kalau dalam notasi angka adalah 1, 2, 3, 4, 5, 6 ,7 kemudian naik 1 oktaf 1, 1, 2, 2, 3, 4. Dalam not angka naik 1 oktaf atau not tinggi diberi tanda titik (.) di atas angkanya. Dalam TAB tidak mengenal titik di atas angka.

Lihat bagian bawah dari TAB, garis-garis itu menunjukkan nilai not dan tanda titik di depan juga menunjukkan nilai not. Pembahasan nilai not ada pada postingan yang berjudul Nilai Not dan Tanda Diam, lihat label teori musik yang berada di samping kiri halaman ini.

Jika notasi di atas kita terapkan pada gitar, maka hasilnya seperti di bawah ini.


gambar penerapan pada gitar dari notasi tab


Lihat TAB di atas, yang pertama adalah 1 dan 3 pada garis ke-2 dari atas. Lihat gambar gitar pada senar ke-2 ada not 1 dan 3 ( C dan D ).

Selanjutnya pada TAB garis pertama ada 0 artinya senar dilepas. Pada gitar tinggal bunyikan senar ke-1 ( senar E ) dilepas.

Selanjutnya pada TAB setelah 0 ada angka 1 garis pertama (not F). Pada gitar gunakan senar 1 not F yaitu fret pertama senar ke-1.

Selanjutnya angka 3 garis pertama pada TAB artinya fret ke-3 pada gitar, angka 5 di atas artinya fret ke-5 pada gitar. Lakukan untuk not-not yang lain seperti itu.

Kemudian ada 8 dan 8 artinya pada fret 8 dibunyikan 2 kali, begitu juga fret ke-10.

Pada gambar gitar di atas saya menempatkan 8 dan 8 di bawahnya, seharusnya ada dalam fret yang sama. Harap maklum karena tidak cukup tempatnya. Begitu juga yang 10 dan 10.

Saya sarankan anda membaca postingan lain yang berhubungan dengan TAB supaya anda benar-benar paham, diantaranya:

Simbol-simbol TAB

Cara Membaca Tab Gitar

Cara Membuat Tab Gitar

Jika ada yang belum jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak agar lebih leluasa. Saya akan menjawab pertanyaan anda secepatnya.

Semoga postingan ini bermanfaat.