Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Not Angka Ke Not Balok Nada A

Menterjemahkan not angka ke not balok nada A atau translate dari not angka menjadi not balok nada A dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan gambar alat musik, sehingga lebih mudah dipahami.

Saya akan ambil contoh lagu O Ina Ni Keke – sebuah lagu dari Sulawesi Utara yang nama pengarangnya tidak diketahui / masih diragukan. Menurut yang pernah saya baca di brainly.co.id bahwa penciptanya adalah R.C. Hardjosubroto.

Baiklah kita lanjutkan,  lihat  kunci melodi A / scale A major dari notasi balok di bawah ini.

solmisasi pada not balok nada A

klik gambar untuk memperbesar.
Perhatikan bagian depan / awal, ada tanda # (kres) sebanyak 3 buah. Ini adalah tanda dari nada dasar A. Jika tidak diberi tanda # (kres) 3 buah  maka tidak akan membentuk do, re, mi, fa, sol, la, si, do atau yang sering disebut dengan solmisasi. Untuk mengetahui tanda kres pada nada dasar, silakan anda lihat postingan yang berjudul MenghitungTanda Kres.

Selanjutnya, lihat penerapan notasi balok di atas pada alat musik piano dan gitar di bawah ini.

solmisasi nada a pada piano
Keterangan :
A – B – C# - D – E – F# - G# = Do, Re, Mi, Fa, Sol, La = 1, 2, 3, 4, 5, 6

Jika anda menyukai melodi dalam bermain musik, maka kunci melodi A di atas menjadi hal yang wajib diketahui. Bagi anda yang belum tahu kunci melodi di atas sebaiknya hapalkan posisinya.

Selanjutnya kita lihat notasi angka lagu O Ina Ni Keke


contoh not angka nada a lagu o ina ni keke


Jika diterjemahkan ke dalam notasi balok, hasilnya di bawah ini.

contoh nada a not balok lagu o ina ni keke


Untuk mengerti terjemahan ini, anda tinggal lihat kunci melodi A dalam not balok. Lalu anda bandingkan partitur not angka dengan not balok.
Semoga anda mengerti.