Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Not Angka Ke Not Balok Nada F

Menterjemahkan not angka ke not balok nada F atau translate dari not angka menjadi not balok yang dibahas kali ini. Pembahasan menggunakan notasi dan gambar alat musik, sehingga mudah mengerti.

Saya akan ambil contoh lagu Ibu Kita Kartini lagi agar lebih mudah dimengerti perubahannya. Sebelumnya lihat notasi balok kunci melodi F di bawah ini.

Klik gambar untuk memperbesar.


gambar kunci melodi f pada not balok


Perhatikan notasi balok di atas.

Dalam not balok garis ke-1 di paranada adalah nada E, garis ke-2 nada G dan seterusnya (permanen). Jadi main dalam nada dasar G atau nada dasar apapun, garis ke-1 tetap nada E. Dengan kata lain garis paranada itu tidak berubah.

Jika not angka diterjemahkan ke not balok, maka garis paranada itu menjadi berubah bagi not angka. Misalnya dalam Nada C (not angka), garis ke-1 di paranada adalah mi ( E ), jika nada dasarnya D (not angka) garis ke-1 paranada itu menjadi re.

Intinya dalam notasi balok tidak mengenal angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Dengan kata lain bahwa secara teori not balok dan not angka itu tidak sama dalam hal posisi not.

Dalam tangga nada F artinya F = 1 = Do. Lihat angka di bagian bawah huruf, angka itu mewakili not angka dan huruf mewakili not balok.

Baiklah, lihat notasi angka lagu Ibu Kita Kartini dan not baloknya di bawah ini.


gambar lagu ibu kita kartini angka dan balok


Di dalam notasi balok nada dasar F diberi tanda mol ( b ) satu buah di bagian depan. Jika anda ingin tahu kenapa ada tanda mol, silakan baca postingan yang berjudul Menghitung Tanda Mol.

Agar anda mengerti terjemahan dari not angka ke not balok, anda perhatikan kunci melodi / tangga F di atas, lalu anda bandingkan notasi angka dengan notasi balok.

Pada bar ke-1 ada angka 1 titik (.) dan angka 2 lalu angka 3 dan 4.

Jika kita terjemahkan ke dalam not balok nada F, angka 1 itu akan berada di spasi ke-1 atau tempatnya nada F. Jadi anda tinggal tempatkan not 1 ( do ) pada spasi ke-1 ( lihat gambar ). Angka 1 ( do ) ini bernilai 1 ketuk, dalam not balok 1 ketuk adalah not 1/4, gambarnya bulatan hitam pakai garis lurus.

Tanda titik dalam not angka artinya nilai not 1 ketuk karena ada garis pembagi di atas maka nilainya menjadi 1/2 ketuk. Nilai not ini diberikan kepada not sebelumnya. Jadi not 1 ( do ) memiliki nilai 1 1/2 ketuk. Dalam notasi balok pun demikian bahwa titik itu menambah nilai not sebelumnya.

Angka 2 pada not balok memiliki garis di atasnya artinya angka 2 ( re ) itu nilainya menjadi 1/2 ketuk. Dalam notasi balok nilai 1/2 ketuk itu disebut not 1/8, gambarnya bulatan hitam memiliki 1 bendera. Angka 2 itu sama dengan not G dalam notasibalok. Tempatkan angka 2 itu pada garis kedua not balok ( not G ), lihat gambar tangga nada.

Angka 3 dalam not angka di atas memiliki nilai 1 ketuk. angka 3 ( mi ) itu sama dengan not A. Tempatkan not angka 3 itu pada spasi ke-2 di garis paranada ( not A ). Nilai not 1 ketuk dalam not balok bergambar bulatan hitam diberi sebuah garis.

Angka 4 dalam not angka memiliki nilai not 1 ketuk. Tempatkan angka 4 ( fa ) itu pada not B di garis paranada. Untuk notasi berikutnya anda tinggal terjemahkan sendiri.

Jika ada yang kurang jelas, silakan bertanya di kotak komentar atau formulir kontak.

Semoga postingan ini bermanfaat.