Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menu Layout Pada Musescore

Saat ini saya akan membahas tentang menu Layout yang ada pada Musescore. Dalam menu ini ada 7 submenu yaitu Page Settings, Reset, Increase Stretch, Decrease Stretch, Reset Stretch, Reset Beam Mode, dan Regroup Rhythms. Seperti biasa yang akan saya bahas adalah yang saya tahu, jika saya belum tahu, silakan anda melihat pada menu Help kemudian pilih Handbook Online.

Page Settings

Adalah pengaturan halaman / lembar musik. Jika kita klik maka kita akan melihat submenu sebagai berikut :

Page Size (ukuran halaman) dalam keadaan standardnya adalah tipe letter, anda bisa merubahnya sesuai yang anda inginkan. Jika ingin bebas pilihlah Custom setelah itu atur lebar (Width) dan tingginya ( Height ). Di bawahnya pilih portrait (posisi normal / berdiri), landscape (posisi mendatar).

Scaling - staff space artinya spasi. Anda bisa memperlebar jarak antara bar atas dan bawah atau memperpendek. Anda tinggal mengaturnya, bisa diisi langsung atau gunakan tanda panah.

Unit ada inch dan mm anda tinggal pilih mau pakai inch atau mili meter ukurannya.

Berikutnya Odd Page Margin dan Even Page Margin itu adalah margin halaman ganjil dan genap. Di sana ada margin atas, bawah, kiri dan kanan. Anda tinggal mengaturnya sesuai selera.

Klik OK jika akan dirubah atau klik Apply untuk melihat dulu sebelum dirubah.

Reset ( Crtl + R )

Biasanya yang namanya reset itu mengembalikan pada semula. Tapi dalam submenu ini tidak ada perubahan ketika halaman dirubah lalu di-reset. Mungkin perintah ini belum aktif.

Increase Stretch ( Shift + } )

Menambah panjang measure / bar. Caranya tinggal tekan tombol Shift + } maka bar terpilih akan bertambah panjang.

Decrease Stretch ( Shift + { )

Mengurangi panjang measure / bar. Caranya tinggal tekan tombol Shift + { maka bar terpilih akan berkurang panjangnya.

Reset Stretch

Mengembalikan ukuran panjang measure / bar pada ukuran semula. Misalnya ada 2 bar telah di decrease stretch, untuk mengembalikan ke semula, pilih / blok bar yang telah pendek itu, lalu pilih Reset Stretch, maka bar itu akan menjadi normal ukurannya.

Reset Beam Mode

Saya tidak tahu Beam Mode itu, yang saya lihat hanya Beam Properties dalam submenu Pallette dan Beam dalam Edit Style. Keduanya tidak bisa digunakan. Mungkin maksudnya mengembalikan ke awal, yang telah dibuat oleh Beam Properties atau Beam pada Edit Style.

Regroup Rhythm

Saya tidak tahu maksud menu ini, karena untuk bikin group rhythm-nya tidak saya temukan.

Semoga postingan ini bermanfaat.