Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chords Jazz Fly Me To The Moon

Belajar chords / akor yang biasa digunakan pada musik jazz sebenarnya tidak sulit. Asal sering berlatih pasti bisa. Umumnya orang yang belajar gitar agak malas untuk belajar musik jazz karena akornya banyak yang tidak umum (jarang digunakan pada musik pop). Selain itu, cara memegangnya juga banyak berbeda dengan cara pegang akor yang umum (dalam alat musik gitar). Ditambah lagi buku-buku akor jazz jarang ditemukan di toko-toko buku. Dengan kata lain sulit mencari sumber. Boleh dibilang hampir semua orang yang bisa musik jazz adalah orang yang sekolah musik, baik itu berupa kursus musik maupun sekolah formal.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi bahwa musik jazz itu pada dasarnya sama dengan musik yang lain. Untuk membuktikan mari belajar akornya terlebih dahulu. Saya ambil contoh sebuah lagu jazz standard yakni Fly Me To The Moon yang diciptakan oleh Bart Howard.

Di bawah ini adalah notasi lagu tersebut dan akor dalam bentuk tab gitar, dalam nada dasar C.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord fly me to the moon halaman 1


chord fly me to the moon halaman 2


Lagu Fly Me To The Moon memiliki beberapa versi, ada yang lambat, sedang dan cepat. Chords-nya pun berbeda-beda, tapi tidak banyak. Asal tahu saja, akor lagu dalam musik jazz jarang yang sama. Tiap musisi top memiliki variasi atau feel masing-masing.

Jika anda ingin mendengar notasi dan tab di atas, silakan putar video di bawah ini.



Selanjutnya silakan lihat video di bawah ini untuk melihat akor tersebut dalam alat musik gitar.

Pada bagian depan video ada keterangan tentang lagu tersebut, setelah itu baru akor gitarnya..



Posisi akor dalam tab gitar dan video di atas adalah sama persis. Bedanya didalam video diberi coda dalam lirik “in other words I love you” bagian yang paling akhir.

Bagi anda yang baru belajar chords jazz, anda perlu tahu akor yang ada dalam lagu ini. Pasalnya ini merupakan chords dasar yang sering digunakan dalam lagu-lagu jazz. Setelah menguasai chords ini mungkin anda tidak akan terlalu sulit untuk belajar chords yang lain.

Semoga postingan ini berguna.