Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chords Jazz Lagu Autumn Leaves

Kali ini saya akan membahas chords / akor yang sering digunakan pada musik jazz. Dilengkapi dengan gambar dan audio / video sehingga lebih mudah dimengerti.

Musik jazz berbeda dengan musik yang lain terutama dalam hal chord / akor. Jika kita dengar akornya, maka akan terdengar agak sumbang / fals. Ada yang bilang akornya ‘miring’. Ini adalah salah satu ciri musik jazz. Kenapa bisa begitu ?

Sesungguhnya musik jazz seringkali menggunakan akor yang tidak umum, misalnya extended chords dan altered chords. Selain itu akor sering diubah ( inversi chord ) sehingga terdengar ‘miring’.

Contoh akor diubah jadi miring, C major diubah menjadi CM7 ( C major 7) atau diubah menjadi C9 atau Cadd6/9. Bukan hanya akornya yang diubah tapi cara memegang akornya juga diubah, terutama dalam alat musik gitar.

Sekarang saya akan memberi contoh akor yang biasa dipakai dalam musik jazz. Di bawah ini notasi lagu Autumn Leaves disertai dengan akor dalam bentuk tabulasi gitar.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


chord autumn leaves dan notasinya


Perlu anda tahu bahwa lagu Autumn Leaves adalah salah satu lagu jazz standard yang sangat terkenal di kalangan penggemar jazz. Boleh dibilang lagu ini merupakan salah satu lagu jazz standard sepanjang masa, padahal awalnya lagu ini hanya lagu pop asal Perancis.

Jika anda ingin mendengar notasi di atas, silakan klik video di bawah ini.



Supaya makin jelas, samakan akor pada tabulasi gitar (tab gitar di atas) dengan akor yang ada pada video di bawah ini.



Bentuk akor dalam video di atas adalah contoh akor yang sering digunakan dalam musik jazz. Cara memegang akornya tidak harus sama dengan yang saya mainkan. Anda boleh merubahnya, sesuaikan dengan keinginan anda. Asal tahu saja bahwa dalam 1 akor memiliki beberapa bentuk, jadi pilihlah yang sederhana dan mudah dimainkan. Sebagai referensi, silakan anda lihat postingan saya yang berkaitan dengan chords / akor.

Semoga postingan ini bermanfaat.