Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Intro Lagu

Intro adalah bagian depan dari musik. Boleh dibilang intro ini musik pengantar untuk masuk ke lagu. Intro merupakan bagian penting dari sebuah aransemen musik. Biasanya jika intro sebuah musik/lagu bagus maka pendengar penasaran ingin mendengar lagunya. Sebaliknya jika intro sebuah lagu kurang bagus maka untuk mendengar lanjutannya kurang selera.

Ada beberapa cara untuk membuat sebuah intro, diantaranya :

Pertama : Menggunakan melodi lagu.

Dahulu seringkali orang membuat intro dari melodi lagu. Biasanya melodi lagu bagian akhir yang dijadikan sebagai intro atau pengantar lagu.

Kedua : Menggunakan melodi improvisasi.

Cara ini boleh dibilang bebas. Maksudnya jika ada lagu pop, kita bisa menggunakan melodi rock untuk intro atau melodi klasik. Tapi umumnya melodi intro disesuaikan dengan jenis musik yang digunakan pada lagu. Misalnya musik jazz, intro melodinya adalah melodi jazz, lalu musik rock and roll intronya menggunakan melodi rock and roll.

Sebagai contoh, saya membuat intro dengan menggunakan melodi improvisasi (sunda scale) pada lagu Bubuy Bulan. Ini sesuai dengan lagunya yang memang dari Jawa Barat.


gambar notasi balok intro lagu bubuy bulan


Intro di atas saya gabungkan dengan aransemen Bubuy bulan. Ketukan drumnya saya tambah sedikit. Hasilnya seperti pada video di bawah ini. Silakan klik untuk mendengarkan.



Semoga anda menyukai lagu ini.