Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengisi Melodi Pada Lagu

Kali ini saya akan membahas tentang mengisi melodi pada musik / lagu. Dilengkapi dengan notasi dan audio untuk mendengar notasi tersebut, sehingga mudah dimengerti.

Jika kita perhatikan sebuah lagu pop Indonesia, kita pasti akan mendengar melodi variasi pada tempat-tempat kosong itu, contohnya dari kalimat pertama ke kalimat kedua sebuah lagu biasanya ada bagian yang kosong, saat itu biasanya diisi oleh melodi.

Mengisi tempat-tempat kosong menggunakan melodi variasi merupakan bagian dari aransemen musik. Kegunaannya agar musik itu tidak kosong sekaligus membuat musik itu lebih enak didengar.

Untuk membuat melodi variasi seperti itu, kita harus memperhatikan lagu dan genre musik yang digunakan. Biasanya jika musik rock maka variasi melodinya melodi rock juga. Jika musik jazz maka melodi variasinya menggunakan nuansa jazz juga. Namun ada juga yang menggunakan variasi lain, misalnya musik rock diberi variasi melodi musik daerah.

Saya akan mencoba untuk membuat variasi melodi pada musik/lagu Bubuy Bulan – melanjutkan postingan Membuat Intro Lagu. Saya akan menggunakan scale sunda (pelog).

Lihat lagu bubuy bulan dan variasi melodi di bawah ini.

Klik gambarnya untuk memperbesar.


gambar bubuy bulan isi melodi


gambar bubuy bulan isi melodi 2


Melodi di atas terdiri dari intro, melodi lagu, dan melodi isian. Melodi intro bagian depan (flute) dan melodi isian (mengisi melodi pada tempat kosong) pakai flute juga.

Jika melodi variasi ini digabungkan dengan video pada postingan Membuat Intro Lagu maka akan menjadi seperti di bawah ini.



Semoga anda menyukai musik di atas.