Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Slide Up dan Slide Down

Teknik gitar Slide Up dan Slide Down atau teknik slide gitar yang dibahas saat ini. Pembahasan menggunakan gambar notasi dan video sehingga lebih mudah dimengerti.

Slide up dan slide down adalah sebuah teknik bermain gitar semacam legato ( menyambungkan nada / notasi ). Dalam notasi balok slide up dan slide down diberi tanda garis lengkung. Itu yang pernah saya lihat pada beberapa tab gitar yang ada notasi baloknya. Padahal teknik slide up lebih dekat dengan glissando, tapi saya tidak akan membahas istilah yang lain bisa kepanjangan.

Dalam tab gitar slide up disimbolkan sebagai garis miring ( / ) disebut slash dan slide down garis miring terbalik ( \ ) disebut backslash. Jadi garis miringnya berbeda.

Perhatikan garis berwarna merah pada bar ke-1 gambar di bawah. Itu adalah penulisan dari slide up yang umum pada tab gitar. Cara memainkannya adalah tekan senar 3 fret ke-5 lalu bunyikan, saat masih berbunyi jari yang menekan senar itu langsung luncurkan hingga berhenti pada fret ke-7. Dengan kata lain, sekali membunyikan senar ada 3 not yang terdengar, yaitu not pada fret ke-5, ke-6, danke-7. Yang perlu diperhatikan adalah nilai not yang ditandai itu ( jangan asal meluncur ).

Pada bar ke-2, ada garis berwarna merah tapi tidak ada angka di depannya. Cara memainkan tab seperti itu, anda bebas menentukan not awal (fret awal), yang penting harus berakhir pada not senar 3 fret 7. Contohnya anda tekan senar 3 fret ke-2, atau ke-3, atau ke-4, terserah anda. Setelah itu bunyikan dan luncurkan jari anda menuju fret ke-7. Intinya anda meluncurkan jari dari not yang lebih rendah dan berhenti pada fret ke-7, dalam keadaan masih bunyi.

Gambar Slide Up dan Slide Down.


gambar notasi slide up dan down pada tab


Pada bar ke-1 ada garis berwarna merah, itu adalah penulisan slide down yang umum. Cara memainkannya, tekan senar 3 fret ke-7, lalu bunyikan setelah itu luncurkan jari anda ke fret 5, syaratnya harus dalam keadaan masih bunyi. Dengan kata lain anda membunyikan sekali tapi ada tiga not yang terdengar, yaitu not yang berada pada fret 7, fret 6 dan fret 5. Slide down ini kebalikan dari slide up. Kalau slide up ke nada yang lebih tinggi, sedangkan slide down ke nada yang lebih rendah.

Pada bar ke-2, cara memainkannya, anda tentukan not awalnya (harus lebih tinggi dari fret 5 ), lalu bunyikan dan luncurkan ke fret 5, dengan syarat pada saat berhenti pada fret ke-5 masih dalam keadaan bunyi

Klik video di bawah ini untuk melihat lebih jelas tentang slide up dan slide down.



Teknik slide up maupun slide down merupakan teknik gitar yang cukup mudah, sehingga yang baru belajar gitar pun tidak akan kesulitan memainkan teknik ini.

Semoga postingan ini berguna.